Latihan 11


Mengendalikan Amarah Melalui Konsentrasi
     Apabila anda termasuk orang yang mudah terbakar amarah hanya karena sedikit hasutan dan tidak pernah berusaha mengusai diri, berarti Anda harus memikirkan hal ini untuk sejenak. “ Apakah kemarahan itu menguntungkan?, Apakah Anda mendapatkan sesuatu lantaran marah? Bukankah sikap itu menjauhkan Anda dari keseimbangan jiwa selama beberapa saat? Tahukah Anda bahwa sikap ini berkembang dalam diri dan akhirnya akan membuat Anda dipandang rendah oleh orang-orang yang berhubungan dengan Anda?”
     Setiap orang berbuat salah. Alih-alih memarahi mereka atas kesalahan itu, katakanlah. “Lain kali, berhati-hatilah.” Sikap semacam itu akan menimbulkan kesan, sehingga mereka pun menjadi lebih berhati-hati. Tetapi jika anda terus-menerus mengeluhkan kesalahan yang mereka perbuat, pikiran tentang kesalahan itu akan tertanam dalam diri sehingga mereka cenderung berbuat salah di masa yang akan datang. Kehilangan kendali diri bisa diatasi jika Anda mau belajar berkonsentrasi.
     Anda yang membaca ini mungkin berpikir bahwa Anda tidak bersalah. Namun jika Anda cermat mengamati diri, Anda akan melihat bahwa Anda memang bersalah. Kalau memang demikian, Anda akan mendapatkan pertolongan hebat dengan mengulang penegasan berikut ini setiap pagi:
     “Mulai hari ini aku akan berusaha untuk tidak memunculkan bahasa tubuh yang tidak berguna, mencemaskan hal-hal sepele, atau menjadi gugup dan lekas marah. Aku akan bersikap tenang dan mengendalikan diri sendiri, tak peduli dalam kondisi apa pun. Mulai saat ini kuputuskan untuk terbebas dari semua gejala sifat yang menunjukkan hilangnya kendali diri.”
     Di malam hari, tinjaulah secara singkat tindakan Anda sepanjang hari guna melihat seberapa besar Anda menyadari tujuan. Awalnya Anda akan beberapa kali membuat pembelaan atas kesalahan yang dilakukan. Teruskan saja dan Anda pun pasti bisa menjadi seperti yang Anda cita-citakan. Jangan lepaskan saat Anda sudah mendapatkan kendali diri. Anda mungkin masih harus mengulang penegasan itu di pagi hari dan mengevaluasi tindakan Anda di siang hari selama beberapa saat sewaktu malam. Lakukan dengan baik sampai anda terbiasa mengontrol diri dengan begitu kuat sehingga daya kendali itu tidak dapat dihancurkan meski Anda berusaha mati-matian.

2 komentar:

PELUANG KERJA DI INTERNET mengatakan...

Sebuah pelajaran yang sangat sangat berharga. ijin disimpan. salam.

My - World mengatakan...

Oke ....
trims dah mampir

Posting Komentar