Latihan 12

Latihan Berbicara Di Depan Cermin

Buatlah dua tanda sejajar dengan mata Anda di cermin, dan anggaplah dua tanda itu sebagai mata manusia yang menatap mata Anda. Mulanya mata Anda barangkali akan sedikit mengerjap. Jangan gerakkan kepala, dan biarkan tegak lurus. Konsentrasikan semua pikiran untuk menjaga kepala tidak bergerak. Jangan biarkan hal lain memasuki pikiran. Lalu, sambil menjaga agar kepala, mata, dan tubuh tetap diam tak bergerak, pikirkan bahwa diri Anda tampak seperti orang yang bisa diandalkan; seperti seseorang yang bisa dipercayai. Jangan biarkan penampilan Anda menimbulkan penilaian, “Aku tidak suka penampilannya. Aku tak yakin dia bisa dipercaya.”
Tarik nafas dalam-dalam saat berdiri di depan cermin. Rasakan ada begitu banyak udara dalam ruangan itu yang bisa dihirup. Rasa takut Anda akan menghilang ketika udara tersebut meresap ke dalam setiap sel tubuh, tergantikan dengan perasaan yang kuat dan damai.
Orang yang berdiri tegak dan sanggup mengendalikan otot wajah dan mata selalu menarik perhatian. Saat bercakap-cakap, dia memberikan kesan yang lebih baik kepada lawan bicara. Perasaannya tenang dan kuat sehingga lawan bicara pun meleleh di hadapannya.
Tiga menit sehari sudah cukup lama untuk melakukan latihan ini. Lihatlah jam sebelum memulai latihan. Apabila Anda bisa memperpanjangnya lebih dari lima menit, lakukanlah. Hari berikutnya duduklah di atas kursi dan berkonsentrasilah tanpa melihat gambar yang ada di cermin. Perhatikan apakah Anda bisa memikirkan detail tambahan, dan Anda pasti mampu memikirkan lebih banyak lagi. Akan lebih baik jika Anda menuliskan semua yang Anda pikirkan pada hari pertama, lantas tambahkan setiap hal baru pada daftar itu. Anda akan merasa bahawa ini merupakan latihan konsentrasi yang sangat bagus.

0 komentar:

Posting Komentar