Latihan 4


     Cermati diri sepanjang hari dan lihatlah apakah otot tidak mengeras ataupun menegang. Rasakan betapa ringan dan santainya diri Anda. Perhatikan betapa tenangnya Anda setiap saat. Olah sikap diri yang tenang, alih-alih perilaku yang gugup dan tegang. Perasaan ini akan meningkatkan pembawaan diri dan tingkah laku. Hentikan semua gerakan dan bahasa tubuh yang tak berguna. Itu hanya menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki kontrol tubuh yang baik. Setelah mampu mengontrol tubuh dengan baik, lihatlah betapa mudahnya orang-orang yang tidak mampu mengendalikan diri terkena ledakan emosi.
     Saya pernah mengamati seorang pedagang keliling yang baru saja pergi meninggalkan saya. Dia menggerakkan semua bagian tubuhnya setiap saat. Rasanya saya ingin berkata, :Apa kau tahu bahwa kau bisa terlihat jauh lebih baik kalau saja kau mau belajar berbicara dengan suaramu dan bukannya dengan seluruh bagian tubuhmu?” Perhatikan orang yang mewawancarai Anda dan lihatlah betapa mereka tidak tenang.
     Singkirkan semua kebiasaan yang membuat bagian tubuh bergerak secara tidak teratur. Dengan demikian, Anda sadar, Anda melakukan begitu banyak gerakan yang tak disengaja. Anda bisa segera menghentikan itu hanya dengan memusatkan perhatian pada pikiran “Aku tidak akan melakukannya”.
     Apabila Anda biasa terganggu oleh suara-suara, latihlah kontrol diri. Saat pintu dibanting, sesuatu terjatuh, dan lain-lain, anggaplah suara-suara itu sebagai latihan untuk mengendalikan diri. Anda akan menemukan banyak latihan semacam ini dalam kegiatan sehari-hari.
     Latihan di atas bertujuan untuk mengendalikan gerakan otot yang tak disengaja, sehingga Anda hanya melakukan gerakan yang tak disengaja. Latihan berikut ini disusun untuk membuat otot berada di bawah kendali hasrat, agar kekuatan mental dapat mengontrol gerakan otot.

0 komentar:

Posting Komentar